SEO

Apa itu SEO on page? Ini Penjelasan dan Cara Optimasinya

ASRO.NET, BUNGBULANG – SEO atau Search Engine Optimization saat ini sedang naik daun, karena bisa membantu brand memperoleh traffic organik yang berpotensi menjadi penjualan. SEO sendiri dibagi dalam beberapa jenis, seperti SEO on page, off page, serta teknikal. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas apa itu SEO On page dan cara optimasinya.

Mengenal Apa Itu SEO On page

SEO On page adalah sebuah istilah yang digunakan untuk mengoptimalkan performa SEO website dari sisi internal. Teknik ini berlawanan dengan SEO off page yang memanfaatkan branding dan link building, alih-alih untuk bisa mendapatkan skor SEO On page yang bagus, kamu perlu meningkatkan kualitas konten, ekstensi domain yang bisa di cek via Domain checker, kecepatan website, taksonomi, hingga relevansi internal link hingga pilihan hosting murah

Tips Cara Optimasi SEO On page Agar Website Semakin Optimal

Di bawah ini merupakan beberapa rekomendasi yang bisa kamu jalankan jika ingin melakukan optimasi SEO on page sebuah website.

1 Membuat Konten Berkualitas dan Bermanfaat

Konten ibarat pilar yang menopang keberlangsungan sebuah website secara organik. Tanpa adanya konten pengunjung tidak bisa mendapatkan informasi apapun dari sebuah website.

Namun, di era SEO modern membuat konten saja tidaklah cukup. Kamu harus bisa memproduksi konten yang unik dan bermanfaat bagi pengunjung. Bagaimana caranya? Kamu bisa mulai dari melakukan riset, brainstorming, analisa masalah apa saja yang dialami oleh pelanggan, informasi di industri, dan masih banyak lagi.

Jangan sampai kamu hanya membuat konten yang memiliki nilai rendah karena sudah banyak dibahas oleh website lain ya!

2 Menulis Judul yang Menarik Pembaca

Langkah berikutnya yakni memberikan perhatian khusus pada bagian judul artikel atau halaman website. Tiap orang umumnya hanya punya beberapa detik untuk menentukan apakah mereka akan klik tautan di hasil pencarian search engine atau tidak.

Nah, jika kamu ingin semakin mengoptimalkan traffic website dari sisi SEO On page, maka penulisan judul yang menarik dan mengundang wajib kamu terapkan. Meski begitu, jangan membuat judul yang membingungkan dan menipu, karena metode ini sudah jadul dan tidak efektif lagi.

3 Memberikan Meta Deskripsi Unik untuk Setiap Halaman

Apa itu meta deskripsi? Meta deskripsi adalah ringkasan konten yang membantu search engine untuk mengidentifikasi informasi di dalam sebuah artikel atau halaman website. Konten di meta deskripsi biasanya akan ditampilkan di SERP untuk membantu pengunjung melihat artikel konten yang kamu sajikan.

Cara membuat meta deskripsi sendiri sangat mudah, jika kamu menggunakan CMS WordPress, tinggal install plugin Yoast SEO, setelah itu kamu sudah bisa mulai menambahkan meta deskripsi dengan panjang 140 – 165 kata.

4 Penerapan Tag Heading dan Subheading yang Benar

Tag heading dan subheading ibarat shortcut yang bisa menjadi jalan pintas bagi pembaca untuk menuju ke pembahasan yang mereka inginkan. Kamu bisa menambahkan tag heading mulai dari H1 untuk judul, H2 sebagai subjudul, dan H3 dan H4 untuk membagi pembahasan ke topik yang lebih spesifik.

Perlu diketahui, aturan dalam penggunaan tag Heading sendiri cukup sederhana dan mudah dipahami. Yakni kamu hanya perlu memakai 1 tag untuk H1, dan menggunakan tag sesuai urutan.

5 Optimasi Ukuran Gambar dan Sistem Penamaan

Langkah optimasi SEO on page berikutnya bisa difokuskan pada gambar yang digunakan. Tidak bisa dipungkiri, setiap website pasti menggunakan foto atau gambar ilustrasi yang bisa mempercantik tampilan website. Namun, hal ini bisa menjadi bumerang jika tidak dikelola secara baik dan benar.

Nah, agar SEO on page website kamu semakin optimal, beberapa cara optimasi gambar yang bisa dilakukan yakni mulai dari pembatasan besaran file dibawah 200kb, menggunakan penamaan file yang deskriptif dan informatif, serta memakai ekstensi file yang direkomendasikan Google, seperti webp atau jpeg.

6 Memberikan ALT Tag pada Gambar

Selain optimasi besaran kapasitas gambar, penamaan, dan tipe file yang digunakan. Kamu juga bisa melakukan optimasi dengan menambahkan ALT tag pada setiap gambar, foto, ataupun icon yang digunakan.

Fungsi tag ALT sendiri pada dasarnya membantu bot web spider ketika melakukan crawling dan indexing, karena mereka hanya bisa membaca text jadi identifikasi gambar dengan ALT tag akan semakin optimal jika ditambahkan.

7 Menyisipkan Internal Link ke Artikel Relevan

Terakhir, kamu bisa menambahkan internal link yang menautkan setiap artikel atau halaman yang relevan. Fungsi internal link sendiri menjadi sangat penting karena selain bisa dimanfaatkan user untuk melakukan navigasi antar artikel, internal konten juga membantu bot web spider untuk memahami isi website secara keseluruhan yang nantinya akan berdampak positif terhadap ranking di mesin pencarian.

Sama seperti penerapan teknik SEO pada umumnya, melakukan optimasi onpage sebuah website tidak bisa dilakukan dalam waktu semalam. Jadi, kamu harus tetap tekun dan rutin melakukan audit website agar performanya semakin optimal.

Mau Beli Pulsa / Token Listrik Murah?

Pakai Yoi Aja! Bisa transaksi pembelian pulsa, paket data dan token listrik murah. Atau mau bayar-bayar seperti bayar tagihan listrik juga bisa loh hanya dalam satu aplikasi. Yuk install Yoi di Play Store sekarang!

Temukan Yoi di Play Store

***

Lebih banyak di SEO

To Top