Rhinoplasty

Kesehatan

Rhinoplasty – Operasi Plastik untuk Memancungkan Hidung yang Kini Kian Digemari

Rhinoplasty - Operasi Hidung

Rhinoplasty adalah sebuah operasi yang bertujuan untuk mengubah bentuk hidung. Ada dua alasan mengapa orang ingin melakukan Rhinoplasty. Pertama adalah untuk alasan estetika, yaitu memperbaiki bentuk atau penampilan hidung. Lalu yang Kedua adalah untuk alasan medis, yaitu memperbaiki pernapasan. Dalam beberapa kasus, kedua alasan tersebut juga dapat dilakukan secara bersamaan.

Prosedur Rhinoplasty

  • Konsultasi dengan dokter spesialis bedah plastik.
  • Anestesi dengan sedasi intravena atau anestesi umum
  • Insisi dilakukan dengan teknik terbuka atau tertutup.
  • Rekonstruksi memasukkan implan ataupun tulang rawan.
  • Menutup area insisi dengan teknik jahitan.

Manfaat Rhinoplasty

Rhinoplasty berguna untuk merekonstruksi hidung agar menjadi lebih ideal. Dengan operasi ini, hidung dapat dibuat menjadi lebih mancung, dengan menggunakan implan maupun tulang rawan.

Tips Rhinoplasty

  • Lakukan pemeriksaan fisik dan riwayat kesehatan.
  • Diskusikan ekspektasi kalian terhadap operasi ini kepada dokter.
  • Hentikan kebiasaan merokok.
  • Hentikan konsumsi obat-obatan pengencer darah.
  • Membawa pendamping agar bisa mengantar pulang pada saat selesai operasi.

Persiapan Sebelum Rhinoplasty

Sebelum melakukan Rhinoplasty, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh para calon pasien. Hal ini berguna untuk menjauhkan pasien dari risiko efek samping, serta agar prosedur dapat berjalan dengan lancar. Berikut adalah beberapa persiapan yang harus diperhatikan, menurut klinik kecantikan Beautylogica:

Hindari Obat-obatan Pengencer Darah

Penggunaan obat pengencer darah, sebenarnya tidak dianjurkan baik sebelum maupun sesudah Rhinoplasty dilakukan. Sebab, obat ini dapat meningkatkan risiko pendarahan. Bagi Anda yang ingin melakukan Rhinoplasty, sebaiknya hindari obat yang mengandung aspirin atau ibuprofen. Setidaknya lakukan hal ini selama dua minggu sebelum dan sesudah tindakan Rhinoplasty.

Gunakan obat yang hanya disetujui dan diresepkan oleh dokter bedah Anda. Selain itu, hindari juga penggunaan obat herbal dan suplemen yang dijual bebas di pasaran. Sebab, penggunaan obat yang tidak dianjurkan, dapat meningkatkan risiko gejala pasca prosedur dari Rhinoplasty.

Hentikan Kebiasaan Merokok

Jika Anda adalah seorang perokok, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut. Sebab jika kalian ingin melakukan Rhinoplasty, merokok dapat memperlambat proses penyembuhan pasca prosedur. Selain itu, kebiasaan merokok juga meningkatkan risiko terhadap terjadinya infeksi.

Diskusi dengan Ahli Bedah

Sebelum tindakan prosedur dilakukan, diskusi dan konsultasi dengan dokter adalah hal yang sangat wajib bagi calon pasien. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tahap konsultasi berguna untuk menentukan kelayakan pasien, serta pengecekan fisik lebih lanjut.

Pada tahap ini, dokter juga akan menanyakan tentang riwayat kesehatan. Biasanya, pertanyaan ada di seputar obat yang sedang dikonsumsi, ada atau tidaknya riwayat sumbatan hidung, ataupun kelainan pendarahan. Selain itu, dokter juga akan melakukan pengecekan fisik berupa tulang hidung, ketebalan kulit, dll.

Saat bertemu dokter, diskusikan juga tentang ekspektasi Anda terhadap tindakan operasi ini. Dengan begitu, dokter akan menyesuaikan kondisi fisik dan menentukan perubahan apa saja yang perlu dilakukan. Dalam hal ini, Anda juga dapat memberikan referensi berupa foto, ataupun melihat testimoni hasil yang telah dikerjakan oleh ahli bedah.

Pasca Prosedur Rhinoplasty

Setelah prosedur dilakukan, gejala yang umumnya muncul adalah rasa nyeri dan pembengkakan pada area tindakan. Hal ini wajar dan memang reaksi alami dari tubuh. Untuk masa pemulihannya sendiri, tergantung pada kondisi setiap pasien. Umumnya, dibutuhkan beberapa minggu untuk pasien benar-benar pulih.

Gejala Pasca Prosedur Rhinoplasty

Setelah melakukan operasi Rhinoplasty, biasanya pasien akan mengalami beberapa gejala pasca prosedur. Gejala yang biasanya dirasakan adalah timbul rasa nyeri dan muncul pembengkakan pada area tindakan.

Gejala ini sebenarnya adalah hal yang normal. Timbulnya nyeri dan pembengkakan, muncul akibat reaksi alami tubuh karena adanya proses pembedahan. Pada reaksi pembengkakan, umumnya akan membutuhkan lebih banyak waktu agar kondisinya berangsur normal.

Saat terjadi pembengkakan, pasien dilarang untuk meletakkan apa p[un seperti es ataupun kompres dingin pada area hidung. Agar pembengkakan lebih cepat sembuh, pasien dapat membatasi konsumsi natrium pada tubuh. Apabila terjadi gejala yang sudah di luar batas normal, sebaiknya konsultasikan kembali dengan ahli bedah yang terkait.

Pertanyaan Seputar Rhinoplasty

Ada beberapa hal yang paling sering ditanyakan seputar Rhinoplasty. Untuk menjawab itu semua, berikut akan kami jelaskan beberapa pertanyaan tersebut:

Apa Perbedaan Rhinoplasty dan Septoplasty?

Rhinoplasty adalah operasi untuk menghubah bentuk hidung. Sedangkan Septoplasty adalah operasi untuk memperbaiki pernapasan. Kedua jenis ini memang memiliki area tindakan yang sama. Namun sebenarnya, tujuan dari operasi ini benar-benar berbeda. Jika Rhinoplasty bertujuan untuk alasan estetika atau kosmetik, maka Septoplasty lebih bertujuan ke alasan medis.

Apakah Pasien Rhinoplasty Perlu Rawat Inap?

Hampir semua orang yang menjalani Rhinoplasty, dapat meninggalkan tempat praktik setelah prosedur selesai dilakukan. Jika memang membutuhkan rawat inap, biasanya hal ini terjadi akibat pasien yang mengalami masalah kesehatan lain. Contohnya seperti mual berlebih akibat efek anestesi. Namun, hal tersebut sangat jarang terjadi. Oleh sebab itu, pasien Rhinoplasty wajib membawa pendamping. Hal ini bertujuan agar saat pulang ke rumah, pasien bisa tetap aman.

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Masa Pemulihan?

Setelah melakukan Rhinoplasty, masa pemulihan akan berjalan tergantung dari kondisi fisik yang dimiliki pasien. Namun umumnya, pemulihan akan berlangsung selama satu minggu pasca prosedur selesai dilakukan.

Untuk gejala pasca prosedur seperti pembengkakan, biasanya akan membutuhkan waktu lebih lama agar dapat pulih. Dalam beberapa kasus, hal ini bahkan membutuhkan waktu hingga berbulan-bulan. Apabila gejala tak kunjung hilang, sebaiknya konsultasikan kembali dengan dokter terkait.

Apakah Rhinoplasty Memiliki Risiko?

Setiap tindakan medis pasti memiliki risiko. Apalagi tindakan medis yang prosedurnya dilakukan dengan teknik pembedahan. Hal ini pun berlaku juga bagi Rhinoplasty. Namun Anda tak perlu khawatir. Sebab risiko Rhinoplasty tergolong kecil. Komplikasi akibat Rhinoplasty pun sangat jarang terjadi.

Apakah Biaya Rhinoplasty Ditanggung Asuransi?

Ditanggung atau tidaknya biaya Rhinoplasty, umumnya tergantung dari kebijakan asuransi. Namun jika tindakan dilakukan untuk alasan kosmetik, biasanya biaya yang dikeluarkan tidak ditanggung oleh asuransi. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat berdiskusi dengan dokter terkait, ataupun klinik kecantikan yang Anda tuju.

Berapa Biaya yang Dibutuhkan untuk Rhinoplasty?

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi biaya Rhinoplasty. Misalnya seperti tingkat kesulitan pada area tindakan, reputasi dokter yang menangani, serta lokasi atau tempat di mana Anda melakukan operasi ini. Untuk berkonsultasi mengenai biaya Rhinoplasty, Anda dapat menghubungi kami di nomor 0819 0500 0000.

Apakah Pasien Dapat Melihat Hasil Setelah Operasi?

Tentu saja bisa. Untuk mengetahui perbedaan baik sebelum ataupun sesudah operasi, biasanya perawat akan melakukan pemotretan terlebih dahulu. Untuk hasil yang lebih memuaskan, beberapa dokter juga akan mengajak diskusi sebelum hasil operasi dibuat permanen. Biasanya, teknik ini dilakukan ketika efek anestesi yang diberikan tidak terlalu kuat.

Apakah Rhinoplasty itu Menyakitkan?

Kebanyakan orang yang telah melakukan Rhinoplasty, menilai bahwa operasi ini tidaklah menyakitkan. Minimnya rasa sakit, terjadi akibat efek anestesi yang mulai bekerja. Untuk itu, diskusikan dengan dokter terkait perihal penggunaan anestesi.

Bagaimana Cara Memilih Ahli Bedah Terbaik?

Setiap orang pasti ingin memiliki ahli bedah terbaik untuk menangani operasinya. Hal ini tentu saja agar hasil operasi yang dilakukan, dapat memberikan hasil yang memuaskan, dan sesuai dengan apa yang diinginkan.

Untuk mendapatkan ahli bedah terbaik, Anda dapat mencari tahu tentang reputasi dokter tersebut. Caranya bisa dilakukan dengan melihat rekam jejak, serta testimoni tindakan yang pernah dilakukan. Untuk itu, lakukanlah konsultasi secara mendalam sebelum tindakan operasi dilakukan.

Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah memilih klinik bedah plastik yang profesional dan terpercaya. Dengan memilih klinik bedah plastik terpercaya, tentu pelayanan dan fasilitas yang diberikan akan lebih berkualitas. Dengan begitu, setiap prosedur pun pasti akan berjalan dengan aman dan lancar.

Di Mana Tempat Rhinoplasty Terbaik?

Bagi Anda yang mencari tempat Rhinoplasty terbaik, maka Beautylogica Clinic adalah jawabannya. Dalam berpraktik, kami menghadirkan para dokter dengan reputasi terbaik, serta berpengalaman dan ahli di bidangnya.

Selain itu, segala peralatan medis dan fasilitas pendukung yang kami miliki juga sangat lengkap. Hal ini tentu akan memudahkan para pasien jika ingin melakukan operasi Rhinoplasty. Lokasi dan tempat praktik yang kami miliki pun cukup strategis. Dengan begitu, para pasien dapat menjangkau kami dengan lebih mudah.

BEFORE & AFTER

BEFORE AFTER RHINOPLASTYSebelum dan sesudah operasi hidung

Lanjutkan Membaca
Anda mungkin juga suka...

Lebih banyak di Kesehatan

To Top